Review Film : Sweet 20 (2016) Miss Granny-nya Indonesia




Sutradara : Ody C. Harahap
Penulis Skenario : Upi Avianto
Produser : Chand Parwez Servia
Genre : Comedy, Family, Drama
Produksi : Starvision Plus

 Review Film : Sweet 20

Review Film : Sweet 20 (2016) Miss Granny-nya Indonesia  - Sweet 20 adalah film remake  resmi dari film asal Korea Selatan yaitu Miss Granny (2014). Cerita yang unik menggambarkan bagaimana seorang nenek cerewet dan menyebalkan disulap menjadi 50 tahun lebih muda, maka dari itu banyak negara-negara di Asia turut membuat remake film Miss Granny, seperti Cina yang membuat remake  dengan judul 20 Once Again, Vietnam dengan Sweet 20, Jepang dengan Ayashii Kanojo, Thailand dengan Suddenly 20, dan giliran Indonesia dengan judul yang sama dengan Vietnam. Dengan remake dari masing-masing Negara yang bertujuan untuk merubahnya dengan budaya asal Negara yang akan me-remake film tersebut, contohnya seperti lantunan lagu yang dibawakan oleh si tokoh utama ataupun suasana dari masing-masing Negara tersebut.

Perasaan yang bercampur aduk saya rasakan selama durasi film berlangsung. Kombinasi antara tawa dan tangis dapat diporsikan dengan sempurna dan yang paling saya suka lantunan cover lagu lawas oleh Tatjana Saphira yang membuat para penontonnya seolah ikut bernyanyi didalam bioskop. Sweet 20 mengambil lokasi syuting yang bertempat di kota kembang Bandung yang membuat latar tempat tidak terlalu Megapolitan seperti Jakarta. Namun mengingat film ini berstatus remake  dengan adegan-adegan yang kurang lebih 80% mirip dengan sumbernya membuat film karya anak bangsa ini terasa sempurna walaupun kasarnya terdengar seperti jiplakan. Tetapi meskipun jiplakan mereka pengedit naskah skenario juga tidak mudah untuk menyesuaikan dengan budaya yang ada di negeri kita ini.

Tatjana Saphira terpilih untuk memerankan Fatmawati muda, namun mengingat sifat asli Tatjana yang cenderung lebih cool, kali ini di film Sweet 20 Tatjana sukses besar dalam aktingnya yang sangat menjiwai. Gestur Fatmawati tua yang diperankan oleh Niniek L Karim sangat mirip dengan yang diperankan oleh Tatjana, dan lantunan lagu lawas yang dinyayikan Tatjana sendiri sungguh sangat-sangat luar biasa. Dan Lukman Sardi yang berperan menjadi Aditya putra tunggal Fatmawati yang bekerja sebagai dosen juga mendalami aktingnya, akting Lukman yang menyesal akan menempatkan ibunya di Panti Jompo membuat penonton turut merasakan perasannya. Selain mereka bertiga ada juga Kevin Julio, Morgan Oey, Slamet Rahardjo, Cut Mini, Alexa Key, Aliando dan mereka semua berakting dengan baik.

Jadi, film Sweet 20 yang memiliki status remake berhasil membuat penonton meninggalkan kesan tersendiri pada lebaran tahun 2017. Film yang mengajarkan tentang pentingnya untuk menghormati orang tua dan juga lantunan lagu-lagu yang dibawakan Tatjana Saphira sangat-sangat menyentuh ke hati. Intinya nikmati saja film karya anak bangsa ini, meski dengan status remake tapi hasil karya sutradara Ody C. Harahap dan para pemainnya berhasil meramaikan khasanah perfilman dalam negeri, semoga film-film Indonesia bsia lebih berkualitas dan bisa menyaingi film Hollywood. Sekian artikel Review Film : Sweet 20 (2016) Miss Granny-nya Indonesia. Mohon maaf bila ada kata-kata menyinggung, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »