Review Film : Spiderman: Homecoming, Spiderman Terbaik?







Sutradara : Jon Watts
Penulis Skenario : Jonathan Goldstein, John Francis Daley, Jon Watts
Produser : Kevin Feige, Amy Pascal
Genre : Action, Adventure, Comedy
Produksi : Colombia Pictures, Marvel Studios

Review Film : Spiderman: Homecoming


Review Film : Spiderman: Homecoming, Spiderman Terbaik? - Berawal dari tahun 2002, dimana awal dari dikenalnya superhero Spiderman, yang mana Spiderman adalah superhero pertama yang saya kenal. Diperankan oleh Tobey Maguire, Tobey sendiri telah menjadi Spiderman sekitar 5 tahun lamanya, setelah itu dilanjutkan oleh Andrew Garfield di tahun 2012 & 2014. Mungkin karena belum move-on dari Spiderman versi Tobey, Spiderman versi Andrew terasa agak kurang srek dihati. Andrew memerankan Peter Parker yang cool  dan tidak nerd  seperti biasanya, Spiderman versi Andrew juga memiliki kisah cinta yang berjalan romantic dan hanya sedikit hambatan dalam kisah mereka, berbeda dengan Spiderman versi Tobey yang kisah cinta dengan Mary Jane selalu banyak hambatan. Dan kini ditahun 2017 muncul Spiderman dengan kisah baru dan aktor baru dari versi Marvel Cinematic Universe.

Sutradara Jon Watts dituntut harus memberikan yang terbaik dari film-film Spiderman sebelumnya. Dia harus memberikan sesuatu yang beda dan mempunyai ciri khas dari spiderman yang disutradarainya. Ya memang John Watts memberikan sesuatu yang berbeda seperti tidak ada Uncle Ben, Harry Osborn, Marry Jane atau Gwen Stacy, tapi semua itu terserah dari penonton mau memberikan pendapat apa kepada film Spiderman: Homecoming ini. John Watts memberikan suasana berbeda dari film-film Spiderman sebelumnya tetapi yang paling mencolok perbedaanya adalah suasana dunia Marvel Cinematic Universe yang jelas sangat berbeda dari film Spiderman sebelumnya. Selain itu juga kostum baru Spiderman pemberian Tony Stark yang super canggih.

Film Spiderman: Homecoming memperlihatkan sudut pandang anak SMA di dunia Marvel Cinematic Universe. Mereka para anak SMA saling mengidolakan siapa superhero idolanya dan superhero-superhero The Avengers menjadi panutan para siswa di dunia Marvel Cinematic Universe. Selain memperlihatkan sudut pandang anak SMA, Spiderman: Homecoming juga menceritakan bagaimana perjuangan Peter Parker agar dapat diakui sebagai superhero dan agar dapat bergabung dengan The Avengers. Tidak seperti di film Spiderman sebelumnya yang langsung diangkat menjadi pahlawan professional, di film Spiderman: Homecoming Peter disini sangat newbie, maka dari itu dia dimentori oleh Tony Stark. Jadi jangan terlalu berharap aksi di film Spiderman di film ini akan lebih epic dari film Spiderman sebelumnya. Meskipun masih ada adegan epic disertai slowmotion yang keren tersaji di film ini.

Spiderman: Homecoming menceritakan Peter Parker setelah kejadian Captain America: Civil War, diawali dengan vlog Peter saat di Jerman yang hendak bertarung dengan tim Captain America. Pada vlognya sudah sedikit menjelaskan, Peter Parker yang diperankan Tom Holland lebih talkative. Menurut saya pribadi Tom Holland pantas menjadi pemeran terbaik Spiderman, yang katanya juga Tom Holland sendiri yang sebagian besar menjadi stuntman nya. Apabila biasanya Harry Osborn yang menjadi sahabat Peter Parker, di film Spiderman: Homecoming Peter bersahabat dengan Ned Leeds yang diperankan oleh Jacob Batalon. Ned adalah sahabat Peter yang nerd, namun juga dia sosok penting yang membantu Spiderman melawan sang antagonis Vulture. Vulture yang diperankan oleh Michael Keaton sebelunya juga telah memerankan superhero Birdman dan Batman, namun kali ini dia harus melawan superhero yang hendak menghentikannya.

Karena Mary Jane dan Gwen Stacy tidak ada di film ini, maka dari itu Liz Allan (Laura Harrier) yang menggantikannya. Namun sepertinya suasana Romance tidak terlalu diutamakan di film ini, tidak seperti film Spiderman lainnya, yang mungkin kalian tau sendiri kisah cinta mereka. Dan Bibi May yang pertama kali muncul pada film Captain America: Civil War (2016), Bibi May yang diperankan oleh Marisa Tomei masih terlihat cantik dan seksi, Marisa Tomei sendiri lahir pada 4 Desember 1964 yang artinya pada perilisan Spiderman: Homecoming dia berumur 52 tahun. Saya pribadi sebenarnya lebih tertarik pada Bibi May ketimbang dengan Liz Allan.

Jadi, Spiderman: Homecoming mempunyai kisah awal yang baik untuk pengenalan superhero baru versi  Marvel Cinematic Universe dan sangat layak dibuat sekuelnya. Sayangnya Spiderman disini masih terlalu awal untuk jadi superhero sehingga aksinya pun tidak terlalu keren. Semoga saja jika ada sekuelnya Spiderman dapat melakukan aksi yang lebih keren seperti bergelantungan di gedung-gedung tinggi atau Spidersense yang di slowmotion kan. Lalu, apakah Spiderman: Homecoming lebih baik daripada film Spiderman sebelumnya? menurut saya pribadi jika sekuel Spiderman: Homecoming versi Marvel Cinematic Universe dibuat dengan serius seperti halnya Spiderman 3 (2007) dan menampilkan aksi Spiderman yang lebih professional maka film Spiderman: Homecoming versi Marvel Cinematic Universe akan menjadi yang terbaik dari film Spiderman sebelumnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »